Jumat, 16 Juli 2010

Satu Tahun Mengaru Biru

Sebetulnya sekarang tahun ajaran baru. Tapi satu tahun ini aku tidak bercerita apapun dalam blog ini. Karena beberapa hal sehingga aku meninggalkan blog ini selama satu tahun.

Baiklah..satu tahun ini mungkin karena ada kejadian-kejadian yang membuat aku harus berbagi perhatian dengan yang lain (seharusnya hal ini tidak jadi alasan..) aku sedikit lalai menjadi wali kelas anak2ku. Dan aku berterimakasih telah disentil oleh kepala sekolah katanya ”bu gina jadi wali kelas tidur ya..masa ada anak kehadirannya alpa 34 hari..seharusnya Bu Gina lebih greget lagi jadi wali kelas. Duh panas dingin deh dibilang begitu di rapat akhir tahun ajaran. Meskipun aku sudah berdalil sedemian rupa rupanya tetap aku yang kurang berkerja keras..oke lah aku terima hal ini...(hehe piss ah pak?!)

Tahun ini cobaan yang paling berat menjadi wali kelas. Aku dititipi 5 anak didik yang sedikit nyeleneh. Kalo teman temannya sih memberi nama grup F4. walaupun jumlah nya 5 orang.


  1. Yudha subagya tri samudra.

Anak ini semester 1 biangnya bolos. Sering dipanggil orang tuanya tapi tidak pernah datang dengan alasan sibuk. Eh, pernah datang satu kali itu pun dihadapi oleh BP karena waktu itu aku tidak ada jadwal mengajar sehingga aku tidak hadir di sekolah. Alasan yang dia kemukanan sepertinya dibuat buat melindungi anaknya. Katanya yudha itu kesehatannya kurang baik. Sering ke dokter, dan gak bisa kecapean dikit. Menurut pengamatanku sih anaknya sehat. Buktinya dia kuat berlari waktu ketauan bolos pelajaran IPA.

Dan sewaktu pembagian rapot lagi-lagi orang tuanya gak bisa datang, setelah 2 minggu aktif belajar baru deh ketemu ibunya. Karena banyak nilai dibawah KKM aku kasih penjelasan aja..bahwa dia harus banyak mengulang pelajaran di semester 1. dan untuk kehadiran tidak ada toleransi lagi dia harus hadir 100%.

Akhirnya dengan sedikit bantuan dari orang tuanya walau pun dia tidak banyak perubahan perilakunya akhirnya yuda naik ke kelas 9. walau angka ketidakkehadirannya dibawah 10%, tapi nilai nya semua standar KKM.


  1. Endang Suherman.

Kalo ini di diam-diam menghanyutkan. Kalo dikelas diam tapi diluar senangnya tawuran. Angka bolosnya semester 1 dibawah yudha. Tapi semestr 2 menyusul yuda. Endang juga sering belajar dikantin,hehe (kalo yang lain belajar dikelas ini hadir dikantin). Terakhir aku panggil orangtuanya, orangtua nya dia tidak tau dia sering bolos. Aku liat orang tuanya punya harapan besar ke endang. Dia menangis dihadapanku dia ingin anaknya menjadi anak yang baik. terharu sekali melihat orangtua yang sakit hati melihat perkembangan negatif anaknya. Okelah bapa yang baik hati kita kerja sama aja..bapa liat perkembangn anak bapa dirumah, biar aku yang tangani anak ini klo di sekolah. Mudah2an berubah...akhirnya endang naik kelas juga. Mudah-mudahan jadi anak yg baik harapan orangtua. Tidak tawuran lagi, tidak belajar dikantin lagi, dan tidak bolos lagi. oke..ndang??


  1. Daud Sulaeman

Nih dia..biangnya bikin ribut dikelas. Banyak guru yang komplen ke saya mengenai anak ini. Katanya bikin suasana kelas gak nyaman, bisanya nyolot, brisik, dan gangu guru klo lagi menerangkan materi. Cara berpakaiannya juga aneh baju putih ngatung celana model pencil (mirip cungcuter) gaya rambut ngefunk. Sudah beberapa kali diajak ngobrol tetap aja seperti itu.terakhir gaya rambutnya yang seperti itu saya babat abis dengan bantuan pa Dadan (rekan kerja aku yang baik hati..makasih ya?!)kalo aku masuk kelas memang anaknya rada-rada melunjak tapi menurut ku masih tahap wajar. Tapi ya itu tadi ada beberapa guru mata pelajaran yang terganggu dengan anak ini.


  1. Handi arisandi.

Ini dia juga biang nya bolos, kabur dari kelas bersama grup F4 nya. Gayanya juga aneh. Bajuputih ngatung plus celana pencilnya. Sepatunya juga gak pernah pake yang hitam..sering aku ambil sepatunya tapi tidak pernah berubah. Pernah aku panggil orangtuanya yang datang malah kakanya dengan tantenya. Aku jelaskan perkembangan ponakannya itu, yang dia tanyakan malah anaknya yang duduk dikelas 9. Sangat gaak nyambung ini??

Orangtuanya(ibu dan bapanya) katanya orang bisnis pergi pagi pulang malem.


  1. Rian Hidayat

Ini juga anggotanya F4 sering bikin masalah dikelas. Hampir sama dengan daud sulaeman. Anehnya klo dilingkungan rumah dia terlihak so cute, aktif dimesjid. Dia rumahnya dekat dengan rumahku. Tapi disekolah terbalik 90° . aneh juga..mudah-mudahan jadi anak yang baik. Jadi pejuang di mesjid?!


Akhirnya satu tahun bersama mereka membuatku sedih, sedih karena tidak bisa berbuat banyak buat mereka. satu tahun ini hanya sedikit perhatian buat mereka. maafkan aku?!

Tidak ada komentar: